Unyu Hardware

Apalah arti sebuah nama . . .

MORE ABOUT ME...

Kami segelintir remaja pecinta hardware dan segala seluk beluk komputer

INTERESTS IN...

Computer Hardware

Chip Grafis onBOARD vs outBOARD


Chip grafis onboard Intel selama ini sering dianggap sebelah mata. Jika dibanding chip grafis AMD atau Nvidia, performanya terbilang jauh tercecer di belakang. Namun di Sandy Bridge, Intel seperti ingin menunjukkan kalau mereka juga bisa membuat chip grafis. Setidaknya, Sandy Bridge berambisi menjadi yang tercepat di kelas chip grafis onboard, bahkan memiliki performa yang setara dengan kartu grafis mandiri kelas low-end.

Secara arsitektur, sebenarnya tidak ada perubahan berarti karena chip grafis tersebut masih terdiri dari 12 execution processor. Namun karena sudah dibuat dengan fabrikasi 32 nm, kecepatan chip juga bisa mencapai 1,35 GHz. Yang perlu juga dicatat adalah chip ini mendukung Shader Model 4.1 dan DirectX 10.1. Memang belum mendukung DirectX 11, namun setidaknya lebih baik dari chip grafis era Lynnfield (yang disebut Intel HD).
Chip ini juga dilengkapi komponen khusus untuk melakukan decoding dan encoding format video populer seperti MPEG2, VC1, dan AVC. Sebenarnya Intel HD juga bisa, namun untuk melakukannya, Intel HD harus meminjam shader dari prosesor. Dengan kata lain, ia masih “ngerepotin” prosesor.
Nah, Sandy Bridge, telah menyediakan unit tersendiri untuk proses decoding itu sehingga bisa melakukannya sendiri. Enaknya lagi, karena unit shader prosesor menganggur, ia bisa digunakan untuk menangani pekerjaan video lain seperti pemberian efek.
Anda akan menemukan dua tipe chip grafis di Sandy Bridge, yaitu Intel HD Graphic 2000 dan 3000. Versi 2000 yang memiliki spesifikasi di bawah seri 3000 digunakan oleh semua prosesor Sandy Bridge kecuali seri K.
Sebenarnya pembagian ini agak membingungkan karena berarti Intel HD 3000 hanya digunakan oleh pengguna Intel Core Sandy Bridge versi K. Padahal seperti disebut di atas, pembeli seri K tersebut sepertinya overclocker yang mengejar fasilitas multiplier yang tidak dikunci. Mengingat overclocker biasanya rela membeli kartu grafis mandiri, maka seluruh kelebihan Intel HD 3000 jadi tidak termanfaatkan.
Sebaliknya, pembeli “biasa” yang kemungkinan besar menggunakan chip grafis onboard justru harus rela hanya menggunakan Intel HD Graphic 2000 yang lebih lambat.




 Source :
http://www.infokomputer.com/templates/InfokomputerNew/favicon
http://www.hong.web.id




0 comments:

Post a Comment

Post a Comment



 

Added by Google

different paths

college campus lawn

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent